Jumat, 17 September 2021

Sensodyne, Solusi Untuk Gigi Sensitif Dan Berlubang

Sensodyne


Sakit gigi memang penyakit yang menjengkelkan. Banyak cara untuk mengurangi rasa sakit tersebut sebelum pergi ke dokter. Salah satunya adalah dengan cara memilih menggunakan pasta gigi yang tepat. Pasta gigi sensodyne bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk mengurangi ngilu akibat gigi sensitif dan berlubang.


Perbedaan Gigi Sensitif dan Gigi Berlubang

Penyebab ngilu pada gigi dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah karena gigi sensitif dan yang kedua adalah karena gigi berlubang. Keduanya ini mempunyai gejala ngilu yang hampir sama. Pemicunya pun hampir sama, seperti makan makanan yang bertekstur keras dan minum minuman yang terlalu dingin. 

Yang pertama adalah ngilu karena gigi sensitif. Hal ini karena lapisan enamel pada gigi sudah menjadi tipis sehingga lapisan pelindung gigi ini sudah tak bisa berfungsi baik seperti sebelumnya. Sehingga memilih pasta gigi yang tidak mempunyai kandungan kimia yang berpotensi untuk merusak enamel gigi sangat penting, seperti pasta gigi sensodyne.  

Untuk jenis ngilu yang kedua adalah karena gigi berlubang. Hal ini biasanya dipicu oleh beberapa bagian gigi berlubang yang tak sengaja dimasuki makanan. Untuk jenis ngilu gigi berlubang seperti ini biasanya hanya dibagian yang berlubang saja. Dan rasa ngilu yang diraskaan akan lebih terasa sakit saat mengunyah makanan.


Cara Ampuh Dalam Mengatasi Ngilu Pada Gigi

1. Menggunakan Pasta Gigi Khusus

Salah satu cara untuk mengurangi efek ngilu pada gigi karena gigi berlubang atau sensitif biasanya adalah menggunakan pasta gigi khusus. Pasta gigi khusus ini biasanya akan mengandung strontium chloride yang dapat meredakan rasa ngilu pada gigi setelah memakan makanan keras atau minuman yang terlalu dingin.

Keunggulan lainnya dari pasta gigi khusus seperti sensodyne ini adalah tidak menggunakan bahan kimia berbahaya yang berpotensi merusak enamel gigi. Sehingga pasta gigi khusus ini bisa anda gunakan rutin setiap hari apalagi sebelum tidur. Pemilihan pasta gigi yang cocok untuk jens gigi sensitif anda tentu akan membantu meredakan masalah gigi anda.


2. Menggunakan Sikat Gigi Khusus

Setelah memilih pasta gigi yang cocok dengan kondisi gigi anda, langkah selanjutnya adalah dengan memilih jenis sikat gigi yang anda gunakan sehari hari. Jenis sikat gigi ini tentu akan mempengaruhi kesehatan gigi anda. Sebagai contoh untuk gigi sensitif dan berlubang, akan disarankan menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lebih halus dan lembut.

Hal ini akan bisa membantu anda dalam mengangkat sisa sisa makanan yang menempel atau terselip pada sela sela gigi. Makanan ini bila tidak dibersihkan, maka akan menyebabkan gigi anda keropos dan ngilu. Untuk pemilihan bulu sikat yang terlalu keras juga tidak disarankan karena akan berpotensi merusak lapisan enamel gigi.


3. Berkumur Dengan Air Garam

Untuk pertolongan pertama saat mengalami ngilu pada gigi adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Berkumur dengan air garam sudah terbukti bisa membantu mengangkat sisa sisa makanan yang menempel pada gigi. Efek yang dirasakan juga hampir mirip saat anda menggosok gigi dengan pasta gigi khusus seperti pasta gigi sensodyne misalnya.  

Rutin menyikat gigi terutama saat malam hari adalah suatu cara pencegahan agar gigi tetap awet dan tak berlubang. Rajin menyikat gigi sudah banyak di ajarkan di sekolah sejak usia dini. Tetapi bila gigi sudah terlanjut berlubang dan membutuhkan penanganan secara cepat, maka disarakan untuk juga rutin berkonsultasi kepada dokter gigi sekitar anda.


0 komentar:

Posting Komentar