Selasa, 16 Februari 2021

Mengulas 3 Tips Mengirim Paket Agar Barang Anda Aman Sampai Tujuan

Mengirim Paket

Jika anda memiliki barang yang harus dikirim ke luar negeri, anda harus memastikan barang yang dikirim akan aman hingga ke tangan penerima. Dengan melihat jaraknya yang jauh, anda juga harus ekstra berhati-hati dalam mengemas paket yang anda miliki. Sebelum memberikannya kepada jasa ekspor barang yang telah anda pilih, simak beberapa tips mengirim paket dengan aman.


3 Tips Mengirim Paket Agar Barang Aman Sampai Kepada Penerima


1. Kemas Barang dengan Aman

Poin ini merupakan salah satu hal yang paling penting sebelum anda mengirimkan barang. Pasalnya, keamanan barang itu tersendiri ada di tangan anda. Jika pengemasan benar dan tepat, maka resiko barang rusak pun sangat kecil. Bahkan, ada jaminan barang anda akan aman sampai tujuan.

Cara kemas yang aman yaitu bungkus paket anda secara berlapis. Memberikan perlindungan yang esktra akan mengurangi resiko barang yang anda kirimkan akan rusak. Anda bisa menggunakan bubble wrap sebagai pelindung. Setelah itu anda bisa kembali membungkusnya menggunakan karton atau kardus sebelum menyerahkan kepada ekspedisi jasa ekspor barang.

Jika anda akan mengirimkan barang pecah belah atau makanan, anda bisa mengemas menggunakan kayu. Terkadang hanya menggunakan bubble wrap atau kardus saja belum cukup untuk menjamin barang tetap aman. Yang terakhir, anda juga wajib menempelkan stiker peringatan agar pihak ekspedisi mengetahui dan dapat berhati-hati dengan barang yang anda kirimkan.


2. Gunakanlah Ekspedisi yang Tepat

Hal ini tidak kalah pentingnya. Anda harus menggunakan atau memilih ekpedisi yang tepat, aman, dan terpercaya. Pilihlah ekspedisi yang memang menyediakan pengiriman paket hingga keluar negeri yang dapat dipercaya. Anda pun bisa melihat kualitas dari ekspedisi yang anda pilih dengan melalui website ekspedisi yang anda pilih.

Selain itu, anda juga bisa melihat dari segi kecepatan pengiriman dari jasa ekspor barang yang dipilih. Saat orang membeli barang, pasti sangat menginginkan barang yang dibeli akan cepat sampai. Maka dari itu, pilihlah ekspedisi yang memiliki sistem pengiriman terbilang cepat. Dengan anda menggunakan ekspedisi yang sudah profesional pasti akan menjamin pengiriman pada barang tersebut.

Selain itu, anda juga bisa memastikan dengan melihat sistem tracking paket. Biasanya orang-orang menyebutnya dengan nomor resi. Nomor ini merupakan bukti pengiriman yang dikeluarkan oleh jasa ekspedisi. Fungsinya, yaitu sebagai identitas paket dan merupakan bukti apakah paket kiriman anda sudah tiba kepada penerima ataukah masih dalam proses pengiriman.


3. Gunakan Asuransi

Apabila paket yang anda kirimkan adalah paket yang sangat penting, seperti dokumen pribadi, atau barang dengan nilai harga yang tinggi. Disarankan untuk anda memilih ekspedisi jasa ekspor barang yang yang memang telah menyediakan layanan asuransi. Yang mana asuransi ini sangat bermanfaat untuk proses pengiriman barang yang anda lakukan.

Asuransi biasanya digunakan agar pihak ekspedisi memberikan jaminan kepada anda. Jika paket yang anda kirimkan mengalami kerusakan bahkan kehilangan. Kasus ini memang sering terjadi, namun anda bisa menyiasatinya dengan cara menggunakan asuransi pengiriman barang yang disediakan.

Untuk biaya asuransi sendiri pun bermacam-macam. Ada yang memberikan ketentuan biaya asuransi kisaran 0,2% hingga 0,35%. Kisaran tersebut merupakan nilai pertanggungan ataupun nilai barang yang telah anda asuransikan. Maka jika terjadi kerusakan, pihak asuransi menggantikan biaya sesuai dengan nominal tersebut.


Hal-hal diatas merupakan suatu hal yang sederhana namun sangat besar dampaknya. Dengan memperhatikan beberapa tips diatas, maka dapat mengurangi resiko paket anda mengalami hal diluar ekspektasi. Karena anda tidak akan pernah tau akan apa yang terjadi pada paket yang anda kirimkan selama perjalanan menuju ke tangan si penerima.


0 komentar:

Posting Komentar