Sabtu, 10 Oktober 2020

Menentukan Polis Asuransi yang Tepat untuk Kendaraan Anda

 Asuransi Mobil

Ketika mengurus asuransi untuk pertama kalinya, Anda pasti akan mendengar banyak istilah baru. Termasuk di antaranya adalah polis asuransi kendaraan. Sebagian orang, terutama nasabah anyar, masih sering menganggap polis sama dengan premi. Kenyataannya, ada perbedaan yang harus Anda ingat sejak awal untuk mencegah kesalahpahaman.


Apa itu polis asuransi?

Jika premi berkaitan dengan jumlah iuran yang harus dibayarkan kepada perusahaan, maka polis asuransi adalah bukti perjanjian tertulis yang disepakati nasabah dengan perusahaan terkait. Polis biasanya berisi hak dan kewajiban kedua belah pihak. Dengan perjanjian tersebut, baik nasabah dan perusahaan memiliki masing-masing tanggung jawab.


Kemudian, ada periode polis yang merupakan jangka waktu perusahaan untuk memenuhi risiko-risiko kendaraan nasabah sesuai Pertanggungan Polis. Durasi yang diberikan umumnya satu tahun dan berlaku pada pukul 12 siang pada tanggal yang disepakati bersama. Kemudian, polis akan berakhir satu tahun kemudian sesuai waktu lokal mobil berada.


Periode waktu pada polis asuransi bisa saja dipersingkat pada kondisi-kondisi tertentu. Misalnya, mobil dijual atau dialihkan kepemilikannya sebelum jatuh tempo asuransi kendaraan berakhir. Jika jangka waktunya ingin Anda akhiri sebelum satu tahun, maka Anda sebagai nasabah akan menerima pengembalian uang premi secara proporsional.


Bagaimana cara memilih polis asuransi?

Memilih polis sama pentingnya saat Anda menghitung besaran premi. Ada pun faktor-faktor yang membantu Anda dalam menentukannya, antara lain:

  • Kebutuhan pemakaian. Semakin variatif layanan yang diberikan, semakin banyak pula polis yang ditawarkan. Sebagai nasabah cerdas, Anda perlu memperhatikan kebutuhan yang ingin dipenuhi dengan asuransi yang dipilih. Langkah ini juga akan memudahkan Anda saat memahami polisnya;

  • Pakai satu polis untuk bersama. Apakah mobil yang Anda beli akan digunakan anggota keluarga lain? Untuk melindungi mereka dari kecelakaan atau risiko lainnya, gunakan polis yang sifatnya bersama. Selain lebih hemat, Anda juga dapat melakukan pembayaran satu polis untuk kepentingan seluruh anggota keluarga;

  • Memahami setiap syarat. Ada banyak syarat dan ketentuan yang tercantum dalam polis, salah satunya pengajuan klaim. Setiap perusahaan menetapkan aturan berbeda, tetapi ada beberapa hal standar yang bisa Anda pelajari sejak awal. Misalnya saja sistem perhitungan premi dan pertanggungan yang bisa diklaim;

  • Baca ulang setiap poin. Salah satu kesalahan yang masih dilakukan kebanyakan nasabah adalah langsung tanda tangan perjanjian tanpa pengecekan ulang. Memeriksa setiap poin dalam polis tak hanya membantu memahami konteks, tetapi juga menemukan informasi yang dirasa kurang jelas dan dapat ditanyakan kepada perusahaan.

Semoga setelah membaca informasi ini, Anda bisa mendapatkan gambaran umum seputar polis asuransi, khususnya untuk mobil. Sekali lagi, cermat dan berhati-hatilah saat membaca perjanjian untuk menghindari kemungkinan yang tak diinginkan.

 


0 komentar:

Posting Komentar