Minggu, 04 Oktober 2020

Hindarkan Salah Beli Mobil Curian! Berikut Penawaran Jasa Inspeksi Mobil Bekas

Inspektor Mobil Bekas

Mungkin Anda pernah mendengar ada mobil bekas curian yang dijual dengan harga jauh lebih murah dari pasaran. Dengan begitu, banyak orang yang tergiur untuk membeli mobil dengan harga yang miring. Anda waspada jika mendapatkan tawaran tersebut. Hal ini akan berdampak pada masalah hukum di masa depan. Maka dari itu, gunakan jasa inspeksi mobil bekas untuk mengecek lebih pasti kondisi kendaraan yang akan dibeli.

Tiga Layanan Pengecekan Dari Jasa Inspeksi Untuk Memastikan Mobil Bukan Curian

1. Memastikan Nama Penjual Yang Ada Sesuai Dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan

Ciri utama yang bisa dilihat dari mobil bekas curian adalah nama yang tidak sesuai antara KTP dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan atau surat lainnya. Beberapa dealer mobil bekas bahkan menolak untuk membeli kendaraan dengan informasi kepemilikan yang tak sesuai dengan dokumen terkait. Hal ini dilakukan untuk menyaring agar tidak ada mobil bekas curian yang masuk dalam toko tersebut.

Namun jika Anda menemukan mobil bekas dengan informasi kepemilikan yang berbeda pada sebuah dealer resmi, hal tersebut tidak selalu berarti kendaraan curian. Mobil ini umunya hasil tukar tambah dari pemilik sebelumnya. Dengan demikian, status kepemilikan mobil akan lebih jelas dari segi dokumen pada kendaraan. Jika Anda ingin memastikan mobil bukan hasil curian, sangat penting untuk mempertimbangkan jasa inspeksi mobil bekas.

Selain itu, dengan menggunakan layanan inspeksi ini, Anda bisa memastikan untuk membedakan antara mobil yang ilegal dan legal sebelum membelinya. Jasa ini akan memeriksa seluruh kelengkapan surat mobil dan mencocokkan nomor rangka supaya lebih meyakinkan. Terlihat rumit, namun cara yang digunakan ini dapat menghindarkan risiko yang tidak diinginkan di masa mendatang.

2. Melakukan Pengecekan Pada Eksterior Apakah Ada Bekas Las Di Bagian Rangka Mobil

Ada banyak kasus pencurian mobil bekas yang terjadi dengan bermodus penggantian nomor rangka dan mesin. Dalam proses ini, para oknum yang tidak bertanggung jawab mengganti nomor rangka yang ada pada mesin dengan mobil bekas lain. Hal ini diperoleh dari proses lelang yang ada. Pelaku memotong lalu menempelkan bagian nomor rangka tersebut dengan metode las.

Maka dari itu, dengan menggunakan jasa inspeksi mobil bekas yang tersedia, Anda bisa terhindar dari kecurangan yang dilakukan pelaku mobil curian.  Selain itu, layanan yang tersedia untuk pengecekan mobil bekas ini akan memeriksa secara menyeluruh keaslian dari nomor kendaraan yang ada. Pemeriksaan akan dilakukan mulai dari bagian rangka hingga bodi kendaraan. Bila terdapat sambungan logam yang dilas, maka mobil patut dicurigai.

3. Mengecek Kelengkapan Surat dan Dokumen Mobil

Langkah selanjutnya yang ditawarkan layanan pengecekan mobil bekas adalah meninjau kelengkapan dokumen yang dimiliki. Selain fisik dan interior, dokumen kepemilikan menjadi hal terpenting yang harus di cek keasliannya. Ini pun menjadi salah satu cara agar terhindar dari pembelian mobil hasil curian. Beberapa dokumen harus dipastikan keabsahannya dan kelengkapannya oleh jasa inspeksi mobil bekas adalah STNK, BPKP, lembar pajak, faktur hingga service terakhir yang dilakukan kendaraan.

Demikianlah beberapa layanan yang di tawarkan jasa inspeksi yang ada di Otospector. Dengan pengecekan menyeluruh pada interior dan eksterior, kondisi dari mobil yang ingin Anda beli akan lebih terjamin kualitasnya. Selain itu, jasa ini juga mengecek beberapa aspek di kendaraan seperti kelengkapan surat dan dokumen yang ada. Dokumen yang di uji keasliannya berupa STNK, BPKP, lembar pajak, faktur hingga service terakhir.

 


0 komentar:

Posting Komentar