Minggu, 27 September 2020

Penting! Perhatikan Hal-Hal Berikut Ketika Berwisata ke Gili Trawangan

 


Gili Trawangan

Sumber: https://www.pinterest.com/

Saat berwisata ke suatu tempat, tentunya Anda ingin segala sesuatunya berjalan dengan lancar bukan? Baik itu dari segi transportasi, akomodasi, biaya, jam akses tempat wisata, aktivitas selama di daerah wisata dan lain sebagainya. Begitu juga ketika Anda berwisata ke daerah Gili Trawangan, Lombok. Gili Trawangan merupakan daerah yang terpisah pulau dengan pulau utama sehingga Anda perlu tau akses menuju ke sana dan kapan transportasi tersebut tersedia. Selain dua hal tadi ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan sebelum dan pada saat berwisata ke Gili Trawangan, yang antara lain.

Transportasi Menuju Gili Trawangan

Jika Anda sudah berada di Pulau Lombok, maka yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan transportasi menuju Gili Trawangan adalah pergi ke dermaga Bangsal. Ada dua pilihan transportasi laut di sini yakni menggunakan boat umum atau fast boat. Ongkos boat umum lebih murah, namun Anda harus menunggu hingga boat penuh baru perjalanan dimulai. Namun jika tidak ingin menunggu, Anda bisa memilih naik fast boat yang tentunya butuh ongkos yang lebih tinggi. Perjalanan menuju Gili Trawangan biasanya memakan waktu 25-35 menit.

Keberangkatan dari Bali

Apabila Anda memilih keberangkatan dari pulau Bali maka pilihan dermaganya lebih banyak. Anda bisa menggunakan fast boat dari Dermaga Amed dengan waktu 60 menit, Dermaga Padang Bai dengan perjalanan selama 90 menit, serta Dermaga Serangan dan Sanur yang memakan waktu 120 menit. Jadwal keberangkatan fast boat dari Bali ke Gili Trawangan adalah pagi dan siang. Jadi Anda bisa memilih untuk melakukan one day trip yakni pagi berangkat dari Padang Bai dan sampai pada pukul 10.30 WITA. Kemudian kembali lagi ke Bali pada pukul 14.00 WITA.

Penutupan Penyeberangan

Akses menyeberang dari Pulau Bali sewaktu-waktu dapat ditutup. Penutupan ini biasanya dilakukan karena cuaca buruk bahkan ekstrim. Oleh karena itu Anda harus memikirkan alternatif transportasi atau waktu keberangkatan lain.

Hati-Hati Terhadap Calo

Akan ada banyak warga lokal yang bersedia membantu Anda membawa barang-barang. Namun perlu diketahui bahwa bantuan tersebut tidaklah gratis. Mereka akan sekaligus menawarkan penginapan hingga fasilitas snorkeling. Sehingga jika tidak terlalu diperlukan tidak usah menerima tawaran membawakan barang tersebut. Namun apabila Anda tertarik dengan fasilitas mereka, Anda bisa menerima sekaligus menawar hingga mendapatkan harga yang cocok.  

Tidak Boleh Menggunakan Sepeda Motor

Di Gili Trawangan tidak diizinkan adanya transportasi dengan kendaraan bermotor. Moda transportasi yang bisa digunakan selama berada di pulau ini adalah cidomo dan sepeda kayuh. Cidomo adalah kereta yang ditarik dengan kuda. Namun sebagian besar cidomo diprioritaskan untuk mengantarkan tamu dari dermaga ke hotel atau sebaliknya. Jadi apabila ingin transportasi yang bisa diakses dengan lebih bebas maka bisa menyewa sepeda kayuh. Selain itu, bagi Anda yang ingin menyeberang ke Gili Trawangan dan membawa sepeda motor ke dermaga, bisa menitipkan kendaraan Anda di tempat penitipan motor yang tersedia.

Sumber: https://mobillombok.com/

Aktivitas Wisata

Ada banyak sekali pilihan aktivitas wisata di pulau ini, mulai dari bersantai di atas pasir putih pantai, bersepeda keliling pulau, mencoba beragam watersport, melihat penangkaran penyu, wisata naik kuda, mengunjungi pulau lain di sekitarnya, dan melihat sunrise juga sunset yang indah. Anda juga bisa merasakan dunia malam Gili Trawangan dengan kemeriahan pesta di berbagai kafe, resto dan bar.

Kawasan Tanpa Bikini

Meski Gili Trawangan diisi oleh orang yang berpesta dan yang memakai bikini, namun hal tersebut tidak bisa dilakukan di beberapa tempat. Selama berada di pulau ini Anda pasti akan menemukan beberapa sudut yang melarang wisatawan menggunakan bikini.

Larangan Keras Melakukan Tindak Kriminal

Pulau ini adalah daerah di Lombok dengan aksi kriminal paling kecil. Hal tersebut karena pelaku kriminal akan diarak keliling kampung dahulu sebelum diberikan kepada pihak berwajib. Apabila pelakunya adalah warga setempat, maka pelaku ini akan diusir keluar dari pulau.

Harga Makanan

Layaknya tempat wisata lainnya, harga makanan di Gili Trawangan juga cukup tinggi. Untuk nasi campur dan minuman es teh Anda harus merogoh kocek sebesar IDR 30.000.

Itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan ketika berwisata ke Gili Trawangan. Cek satu persatu hal yang penting, buat alternatif rencana dan rasakan liburan yang menenangkan. Untuk informasi seputar wisata nusantara lainnya, klik di sini. 


0 komentar:

Posting Komentar