Kamis, 12 Maret 2020

Inilah Yang Membuat Pipa PVC untuk Saluran Air Tersumbat!


Inilah Yang Membuat Pipa PVC untuk Saluran Air Tersumbat!

Kelebihan dari pipa PVC ialah meminimkan pembongkaran total dalam waktu dekat. Namun begitu, membongkar kembali bisa saja terjadi bila saluran air yang ada malah tersumbat/mampet.
Tersumbatnya saluran air ini disebabkan oleh banyak faktor. Biasanya ini terjadi lantaran kebiasaan Anda yang kurang diperhatikan. Selain itu, ada faktor lain yang membuat saluran ini mampet. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Membuang Sampah/Sisa Makanan Melalui Saluran Air
Kasus seperti ini sering terjadi pada saluran pembuangan air bekas cucian. Tempat untuk cuci piring maupun perlengkapan dapur memang cukup sering mengalami kemampatan. Salah satu pemicunya ialah mengendapnya sisa makanan di dalam pipa.
Banyak dari ibu rumah tangga yang terbiasa membersihkan kotoran pada perlengkapan dapur dengan mengguyurnya melalui kran wastafel. Kemudian, sisa makanan ini dibiarkan masuk melalui saluran pembuangan.
Memang awalnya pipa PVC ini tidak bermasalah. Namun setelah beberapa minggu kedepan, ada kemungkinan jika sampah tersebut menumpuk di dalam pipa. Penumpukannya semakin banyak sehingga menimbulkan kemampatan.

Endapan Sabun
Ketika mencuci piring atau semacamnya, sabun pasti digunakan. Sabun sendiri menjadi kebutuhan utama dalam proses pencucian piring agar semakin bersih.
Namun dibalik itu, sabun ini juga bisa menimbulkan masalah pada saluran pipa. Tentunya dengan catatan bahwa sabun ini tidak hilang bersama aliran air yang diguyurkan melalui saluran pipa.
Semakin sering mencuci, sabun punya potensi untuk tertinggal di saluran pipa. Kemudian, sabun ini biasanya akan berkontraksi ketika bersinggungan langsung dengan bahan kimia.
Ketika ini terus terjadi, muncullah endapan. Jika dibiarkan terus menerus, endapan ini akan menyumbat peralon. Akibatnya, wastafel terus menggenang dan proses pencucian perabotan dapur akan semakin merepotkan.

Endapan Kotoran/Lumpur
Selain faktor di atas, tentunya lumpur atau kotoran yang bersama air ini juga bisa memicu masalah penyumbatan. Penyumbatan ini tidak langsung terjadi. Melainkan akan terjadi setelah semua kotoran ini terakumulasi beberapa minggu.
Terkadang, hal ini biasanya tidak disadari oleh pemilik rumah. Seseorang hanya baru menyadarinya ketika saluran pembuangan telah mampet. Jika sudah seperti ini, pemilik rumah perlu menyingkirkan hal-hal yang memicu sumbatan tersebut agar saluran pembuangan kembali lancar.
Mengingat banyaknya faktor yang bisa memicu penyumbatan, sudah seharusnya Anda lebih teliti manakala ingin melakukan pembersihan. Usahakan untuk tidak memasukkan kotoran/sampah ke dalam saluran pipa. Begitu juga, usahakan untuk mengalirkan air cukup deras untuk meminimalisir endapan sabun dan lumpur.
Selain itu, pastikan untuk menggunakan pipa yang terbaik agar kelancaran saluran air semakin optimal. Usahakan agar kualitasnya bagus sehingga Anda tidak perlu menggantinya terlalu sering. Salah satunya ialah memilih pipa PVC rilisan rucika.



0 komentar:

Posting Komentar