Minggu, 19 Januari 2020

Jangan Khawatir, Terapkan Cara Berikut untuk Hadapi Ular Kobra


Jangan Khawatir, Terapkan Cara Berikut untuk Hadapi Ular Kobra

Akhir-akhir ini gambar ular kobra banyak wira-wiri dalam tayangan berita televisi maupun media online. Hewan melata yang dikenal mampu berkembang biak dengan baik di negara tropis seperti Indonesia ini diketahui telah muncul dalam jumlah banyak di sejumlah wilayah. Untuk itu, Anda perlu mengantisipasi kemunculan ular tersebut guna mencegah segala macam kemungkinan yang tidak diinginkan.

Cara Alami Mencegah dan Menghadapi Kedatangan Kobra

1.     Semprotkan wewangian
Tahukah Anda bahwa ular sangat tidak menyukai aroma wewangian seperti parfum. Anda dapat menyemprotkan wewangian tersebut sebagai pewangi ruangan dalam rumah. Dengan menyemprotkan wewangian tersebut, dijamin ular-ular khususnya kobra akan pergi dengan sendirinya.

Di samping itu, Anda juga dapat menyemprotkan wewangian di sekitar tempat tinggal ular. Bisa juga untuk memanfaatkan karbol maupun sejenis cairan pembersih rumah lainnya. Akan tetapi, Anda tetap perlu senantiasa waspada ketika menyemprotkan wewangian tersebut. Takut-takut ular justru akan bergerak cepat menyasar bagian tubuh Anda.

2.     Bersihkan lingkungan rumah
Ular sangat menyukai tempat yang banyak ditumbuhi semak dan rumput lebat. Nah, jika Anda memiliki halaman cukup luas yang ditumbuhi semak belukar maupun rumput tinggi, maka disarankan untuk segera menyianginya. Potonglah rumput-rumput tersebut dan sapu segala sampah organik yang terdapat pada halaman rumah Anda.

Di samping sangat disukai ular, lingkungan yang penuh dengan semak belukar juga dapat dijadikan sebagai sarang tikus. Alhasil, ular akan dengan senang hati tinggal di tempat tersebut untuk memangsa tikus. Jangan lupa untuk membersihkan genangan air yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda. Hal tersebut dikarenakan bahwa ular sangat gemar tinggal di tempat yang lembab.

3.     Rapikan tumpukkan kayu
Jika Anda memiliki setumpuk kayu yang diletakkan di lingkungan rumah, maka segeralah untuk merapikannya. Hal tersebut karena ular sangat suka tinggal di tempat semacam itu. Tumpukan kayu akan memberikan sensasi gelap layaknya hutan sehingga ular akan merasa nyaman untuk bersembunyi.

Apabila tidak memungkinkan bagi Anda untuk menatanya dengan baik, maka sebaiknya jauhkan tumpukan tersebut dari rumah. Terlebih lagi mengingat bahwa tumpukan kayu terbilang cukup lembab. Ular tentu akan sangat menyenangi tinggal di tempat tersebut. 

4.     Gunakan keset
Dengan meletakkan keset bertekstur kasar pada depan pintu rumah tentu dapat mencegah ular masuk. Keset bertekstur keras tentu memiliki permukaan yang tajam sehingga ular tidak menyukainya. Gunakan keset yang berbahan dasar ijuk untuk mencegah kedatangan ular khususnya kobra.

Jangan sesekali gunakan garam. Untuk mengusir atau mencegah masuknya ular kobra sangatlah tidak efektif. Ular tidak takut dengan garam. Malahan, bisa-bisa ular akan mendekati lingkungan yang ditebari garam. Garam hanya ditakuti oleh hewan berlendir bukan bersisik seperti ular. Jangan salah, ya!

5.     Rapatkan celah jendela dan pintu rumah
Gambar ular kobra yang begitu banyak memenuhi siaran berita TV belakangan ini perlu Anda waspadai. Terlebih lagi sekarang sedang masuk ke dalam masa ular bertelur. Salah satu cara paling simpel adalah dengan merapatkan celah jendela dan pintu rumah. Selain dapat menjaga kebersihan dan kesehatan hunian, merapatkan jendela dan pintu juga ampuh mencegah kedatangan ular.

Hal tersebut mengingat bahwa ular gemar sekali untuk masuk ke dalam rumah melalui celah-celah yang terbuka. Setidaknya, Anda perlu memberikan keset pada muka pintu agar ular tidak mampu masuk ke dalam rumah. Jika tidak memiliki ijuk, maka Anda bisa coba untuk menggunakan kain.


0 komentar:

Posting Komentar