Minggu, 10 Maret 2019

Jangan Sampai Salah! Yuk, Perhatikan Penempatan Pada Saat Pasang kamera CCTV!


Jangan Sampai Salah! Yuk, Perhatikan Penempatan Pada Saat Pasang kamera CCTV!
Pada saat pasang kamera CCTV, sebagian orang mungkin tidak memperhatikan bagaimana aturan meletakkan kamera sesuai jenisnya. Hal ini bisa saja berpotensi membuat kamera CCTV menjadi tidak maksimal dalam sistem kerjanya.
Nampaknya memang terlihat sepele, namun jika tidak diketahui dan diperhatikan kinerja kamera akan terhambat sewaktu-waktu dan tidak mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, berikut akan kami sampaikan informasi perihal aturan atau cara penempatan CCTV sesuai dengan jenis kamera CCTV yang akan digunakan.

1.      Kamera CCTV infra merah
Kondisi pada malam hari yang pencahayaannya menurun mengakibatkan kamera CCTV membutuhkan pemasangan inframerah. Banyaknya titik dalam kamera CCTV jenis ini, maka kamera akan mampu menangkap objek dengan baik dan menghasilkan gambar yang berkualitas.

Sehingga, meskipun dalam kondisi gelap tanpa cahaya sekalipun kamera masih tetap akan mampu menangkap objek dengan jelas. Kamera jenis ini cocok untuk diletakkan di tempat-tempat gelap, seperti lorong-lorong maupun jalan raya yang memang pencahayaannya kurang atau bahkan tidak ada pencahayaan sama sekali.

2.      Kamera CCTV Box
Sesuai namanya, kamera jenis ini memiliki bentuk kotak. Yang mana kamera jenis ini dapat dipasang indoor maupun outdoor. Perlu diketahui bahwa kamera jenis box ini juga dapat digunakan untuk surveilance jarak jauh.

Yang perlu menjadi perhatian lainnya adalah ketika pasang kamera CCTV jenis ini di luar ruangan (outdoor), alangkah baiknya untuk diberikan tambahan pelindung. Hal ini karena dikhawatirkan dapat terjadi kerusakan apabila dapat dijangkau oleh tangan manusia.



3.      Kamera CCTV dome
Jenis kamera ini memiliki bentuk yang menyerupai kubah. Kamera ini juga sudah banyak dikenal orang sehingga tidak asing lagi karena populer akan kemudahan dalam pemasangan dan penggunaannya.
Selain itu, CCTV dome memiliki bentuk dan casing yang simpel sehingga sangat cocok jika ditempatkan di dalam ruangan, seperti ruang tamu, kamar, kantor, dan lainnya.
Meskipun kamera jenis ini terlihat sederhana, ada satu hal yang menarik di dalamnya, yakni posisi mata kamera yang terhalang oleh suatu lapisan. Dengan adanya lapisan inilah orang kebanyakan bingung dan tidak mengetahui arah mana yang disorot kamera tersebut.

4.      Kamera CCTV waterproof
Kamera CCTV yang satu ini memang dirancang untuk difungsikan sebagai benda perekam yang mampu menangkap objek di sekelilingnya tanpa khawatir rusak. Kamera jenis ini memiliki keunggulan yang sesuai namanya, yakni tahan air.

Tidak hanya tahan air saja, namun kamera ini akan tetap berfungsi dengan baik layaknya kondisi biasa apabila terkena debu maupun mendapat tekanan dari suhu yang ekstrem.

Oleh karena itu kamera jenis ini sangatlah cocok dan tetap profesional jika dipasang outdoor, seperti di jalan raya, taman, dan ditempat terbuka lainnya. Hal ini karena sifatnya tadi yang memang memiliki desain tahan terhadap air, debu, maupun tekanan suhu.

5.      Kamera vandalproof
Kamera CCTV ini juga memiliki keunikan yang memang sengaja didesain khusus untuk jenisnya. Pasalnya sesuai dengan nama yang melekat, yakni vandal. Kamera ini dirancang khusus untuk melawan perbuatan vandalisme.

Dapat dipastikan apabila ada seseorang yang mencoba merusaknya, sebelum itu kamera ini dapat merekam gambar pelaku yang sedang melakukan aksinya. CCTV ini akan tetap beroperasi meskipun seseorang berusaha untuk merusak maupun menghancurkannya. Selain itu, kamera ini anti benturan sehingga meskipun terkena tekanan ataupun gempa sekalipun, kamera ini masih tetap mampu bekerja sesuai sistemnya.

Hal ini dikarenakan kamera CCTV vandalproof memiliki lapisan pelindung yang tebal dari kaca atau plastik didepan lensanya. Untuk itu, kamera ini cocok diletakkan dimanapun meskipun rawan akan orang-orang yang melakukan perusakan terhadapnya.

Itulah beberapa informasi mengenai aturan pasang kamera CCTV sesuai jenisnya. Apabila penempatan kamera sudah tepat dan sesuai jenisnya, diharapkan dapat menjadikan kamera-kamera CCTV ini berfungsi dengan optimal.



1 komentar:

  1. Wah, seperti inya ini sangat penting untuk diperhatikan agar semua bisa berjalan dengan baik.

    BalasHapus